download skripsi gratis untuk berbagai jurusan, skripsi ilmu lengkap, skripsi dan tesis informatika, judul skripsi gratis

Computers Blogs Ping your blog, website, or RSS feed for Free ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Top Sites List

PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN BETH-PIPER STOP-AND-GO GENERATOR SEBAGAI PEMBANGKIT DERETAN BILANGAN ACAK SEMU - SKRIPSI INFORMATIKA GRATIS

Sabtu, 04 Februari 2012


PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN BETH-PIPER STOP-AND-GO GENERATOR SEBAGAI PEMBANGKIT DERETAN BILANGAN ACAK SEMU

A. Latar Belakang Pemilihan Judul
Bilangan acak dapat dibangkitkan dari suatu perhitungan rumus matematika. Bilangan acak demikian sering disebut sebagai bilangan acak semu (pseudo random number). Dalam kriptografi, banyak metoda yang dapat digunakan untuk menghasilkan deretan bilangan acak semu. Salah satunya adalah dengan menggunakan Linear Feedback Shift Register (LFSR). Metoda ini mempunyai banyak kombinasi generator yang dapat digunakan. Salah satunya adalah Beth-Piper Stop-and-Go Generator.
Beth-Piper Stop-and-Go Generator menggunakan tiga buah LFSR dan operasi logika AND serta XOR. Generator ini menggunakan output dari salah satu LFSR untuk mengontrol clock dari LFSR lain. Clock input dari LFSR-2 dikontrol oleh output dari LFSR-1, jadi LFSR-2 dapat bekerja pada waktu t hanya jika output dari LFSR-1 adalah 1 pada waktu t-1. Tidak ada orang yang mampu membuktikan kompleksitas dari generator ini, namun generator ini dapat diserang oleh correlation attack. Generator ini jauh lebih kompleks daripada generator LFSR lainnya, seperti Geffe Generator.
Penulis tertarik untuk mempelajari proses kerja dari Beth-Piper Stop-and-Go Generator dalam membangkitkan deretan bilangan acak semu. Oleh karena itu, penulis mengambil tugas akhir (skripsi) dengan judul “Perangkat Lunak Pembelajaran Beth-Piper Stop-and-Go Generator Sebagai Pembangkit Deretan Bilangan Acak Semu”.

B. Perumusan Masalah

            Berdasarkan latar belakang pemilihan judul, maka yang menjadi permasalahan adalah bagaimana menjelaskan proses kerja dari Beth-Piper Stop-and-Go Generator.

C. Tujuan dan Manfaat
            Tujuan penyusunan tugas akhir (skripsi) ini adalah untuk merancang suatu perangkat lunak yang mampu untuk menjelaskan dan menghasilkan deretan bilangan acak semu dengan menggunakan Beth-Piper Stop-and-Go Generator.
            Manfaat dari penyusunan tugas akhir (skripsi) ini, yaitu untuk membantu pembelajaran bilangan acak semu dengan menggunakan metoda pada kriptografi.




D. Pembatasan Masalah
Karena keterbatasan waktu dan pengetahuan penulis, maka ruang lingkup permasalahan dalam merancang perangkat lunak ini adalah sebagai berikut :
  1. Panjang LFSR dapat berbeda-beda.
  2. LFSR yang akan digunakan untuk meng-clock dan di-clock dapat ditentukan sendiri.
  3. LFSR yang digunakan berupa 16 bit dan 32 bit.
  4. Bit yang akan diambil untuk memproses nilai feedback untuk masing-masing LFSR dapat ditentukan sendiri.
  5. Perangkat lunak akan menampilkan tahap-tahap perhitungan dalam bentuk bilangan biner.
  6. Input dari LFSR menggunakan posisi terakhir dari mouse.

E. Metodologi Penyelesaian
            Langkah – langkah pembuatan perangkat lunak ini antara lain :
  1. Membaca dan mempelajari buku – buku Kriptogafi terutama yang berhubungan dengan pembangkit bilangan acak.
  2. Mempelajari teknik – teknik dasar pemrograman dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.
  3. Mempelajari proses kerja dari LFSR dan Beth-Piper Stop-and-Go Generator.
  4. Mempelajari proses pembangkit bilangan acak semu dengan menggunakan Beth-Piper Stop-and-Go Generator.
  5. Merancang perangkat lunak pembangkit bilangan acak semu dengan Beth-Piper Stop-and-Go Generator menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.
  6. Menguji perangkat lunak dan memperbaiki kesalahan yang timbul.

F. Referensi
  1. Bruce Schneier, Applied Crytography, Second Edition, 1996.
  2. Ir. Jusuf Kurniawan, M.T., Kriptografi, Keamanan Internet dan Jaringan Komunikasi, Penerbit Informatika Bandung, 2004.
  3. William Stallings, Cryptography and Network Security, Third Edition.
  4. Jennifer Seberpy, Jojef Pieprzyk, Cryptography : An Introduction to Computer Security.
  5. Ario Suryokusumo, Microsoft Visual Basic 6.0, PT. Elex Media Komputindo, 2001.
  6. Rahadian Hadi, Pemrograman Windows API dengan Microsoft Visual Basic, PT. Elex Media Komputindo, 2002.
INGIN MENDAPATKAN SKRIPSI LENGKAP DIATAS DARI BAB I - BAB V LENGKAP + SOURCE KODE PESAN DISINI ...

Skripsi Yang Tersedia DI Downloads Skripsi.com yaitu :
Skripsi Lengkap Administrasi Negara,Skripsi Lengkap Administrasi Niaga, Skripsi Lengkap Akuntansi, Skripsi Lengkap Bahasa Inggris, Skripsi Lengkap Ekonomi, Skripsi Lengkap Ekonomi Manajemen, Skripsi Lengkap Ekonomi Pembangunan, Skripsi Lengkap Hukum Pidana, Skripsi Lengkap Hukum Perdata, Skripsi Lengkap Hukum Tata Negara, Skripsi Lengkap Ilmu Hukum, Skripsi Lengkap Ilmu Komunikasi, Skripsi Lengkap Kedokteran, Skripsi Lengkap Keperawatan, Skripsi Lengkap Kesehatan Masyarakat, Skripsi Lengkap Komputer, Skripsi Lengkap Manajemen, Skripsi Lengkap Manajemen Keuangan, Skripsi Lengkap Informatika, Skripsi Lengkap Perbankan & Syariah, Skripsi Lengkap Manajemen SDM, Skripsi Lengkap Matematika, Skripsi Lengkap Pendidikan Bahasa Inggris, Skripsi Lengkap Pendidikan Bahasa Indonesia, Skripsi Lengkap Pendidikan Biologi, Skripsi Lengkap Pendidikan Ekonomi, Skripsi Lengkap Pendidikan Fisika, Skripsi Lengkap Pendidikan Kimia, Skripsi Lengkap Pendidikan Matematika, Skripsi Lengkap Pendidikan Teknik Elektro, Skripsi Lengkap Sosiologi, Skripsi Lengkap Perhotelan, Skripsi Lengkap Teknik Telekomunikasi, Skripsi Lengkap PPKN, Skripsi Lengkap Teknik Sipil, Skripsi Lengkap Teknik Mesin, Skripsi Lengkap Teknik Industri, Skripsi Lengkap Psikologi, dll

0 komentar:

Posting Komentar