download skripsi gratis untuk berbagai jurusan, skripsi ilmu lengkap, skripsi dan tesis informatika, judul skripsi gratis

Computers Blogs Ping your blog, website, or RSS feed for Free ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Top Sites List

Pembelajaran Enkripsi - Dekripsi Metode MMB - SKRIPSI INFORMATIKA GRATIS

Sabtu, 04 Februari 2012


BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Pemilihan Judul
Kelemahan metode IDEA yang menggunakan plaintext 64 bit dan operasi perkalian modulo 216 + 1, diperbaiki oleh Joan Daemen dalam sebuah algoritma yang dinamakan MMB (Modular Multiplication-based Block cipher). Dengan menggunakan plaintext 64 bit (4 buah 16 bit subblock text), metode IDEA hanya dapat diimplementasikan pada prosesor 16 bit, sehingga dinilai tidak dapat mengikuti perkembangan teknologi pada saat ini yang kebanyakan telah menggunakan prosesor 32 bit. Kriptografi metode MMB menggunakan plaintext 128 bit dan algoritma iteratif yang terdiri dari langkah-langkah linier (seperti XOR dan aplikasi kunci) serta aplikasi paralel dari empat substitusi non linier besar yang dapat dibalik. Substitusi ini ditentukan oleh sebuah operasi perkalian modulo 232    1 dengan faktor konstan, yang memiliki tingkat sekuritas lebih tinggi bila dibandingkan dengan metode IDEA yang hanya menggunakan operasi perkalian modulo 216 + 1. MMB menggunakan 32 bit subblock text (x0, x1, x2, x3) dan 32 bit subblock kunci (k0, k1, k2, k3). Hal ini membuat algoritma tersebut sangat cocok diimplementasikan pada prosesor 32 bit. Sebuah fungsi non linier, f, diterapkan enam kali bersama dengan fungsi XOR.
Kerumitan algoritma ini, yang terletak pada proses operasi perkalian modulo 232 – 1, perhitungan fungsi non linier f pada proses enkripsi dan dekripsi, serta operasi invers pada proses dekripsi, menyebabkan algoritma ini sulit diproses secara manual.
Berdasarkan uraian di atas, penulis bermaksud untuk mengambil tugas akhir (skripsi) dengan judul “Perangkat Lunak Bantu Pemahaman Kriptografi Metode MMB (Modular Multiplication-based Block Cipher)”.

1.2. Perumusan Masalah

            Masalah pada pembuatan perangkat lunak bantu pemahaman kriptografi metode MMB ini dapat dirumuskan sebagai berikut : dengan masukan berupa plaintext dan key (pada proses enkripsi), atau ciphertext dan key (pada proses dekripsi), sistem akan menampilkan algoritma dan proses perhitungan secara bertahap disertai dengan animasi sederhana. Keluaran dari sistem adalah ciphertext hasil enkripsi atau plaintext hasil dekripsi.

1.3. Tujuan dan Manfaat
            Tujuan penyusunan tugas akhir (skripsi) ini adalah memperkenalkan metode kriptografi MMB, serta membuat suatu perangkat lunak untuk membantu pemahaman terhadap kriptografi metode MMB.



            Manfaat dari penyusunan tugas akhir (skripsi) ini adalah sebagai berikut :
-                      Bagi penulis sendiri, penyusunan tugas akhir ini bermanfaat untuk menambah pengalaman dan wawasan, baik dalam hal pemrograman maupun algortima kriptografi.
-                      Bagi pembaca, penyusunan tugas akhir ini bermanfaat sebagai alat bantu dalam memahami kriptografi metode MMB serta dapat digunakan sebagai fasilitas pendukung dalam proses belajar mengajar.

1.4. Pembatasan Masalah
Pembatasan permasalahan dalam membuat perangkat lunak bantu pemahaman kriptografi metode MMB adalah sebagai berikut :
  1. Perangkat lunak akan menampilkan tahap – tahap perhitungan dalam bentuk biner dan heksadesimal.
  2. Input data berupa karakter (string) dengan panjang plaintext, ciphertext dan key adalah 16 karakter.
  3. Perangkat lunak tidak menampilkan tahap – tahap konversi string ke dalam biner dan heksadesimal.
  4. Perangkat lunak menyediakan teori – teori dasar dari kriptografi metode MMB.
  5. Perangkat lunak akan menampilkan tahapan – tahapan pembentukan kunci, enkripsi dan dekripsi.
1.5. Metodologi Penyelesaian
Metode yang akan digunakan dalam pembuatan perangkat lunak ini terdiri dari langkah-langkah berikut :
  1. Melakukan studi kepustakaan terhadap berbagai referensi yang berkaitan dengan kriptografi metode MMB.
  2. Mempelajari cara kerja dari kriptografi metode MMB.
  3. Merancang sistem pembelajaran kriptografi metode MMB, kemudian membuat program aplikasinya dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.
  4. Melakukan proses pengujian dan pengecekan kesalahan (error) terhadap perangkat lunak yang telah dirancang.

1.6. Referensi
  1. William Stallings, Cryptography and Network Security, Third Edition.
  2. Bruce Schneier, Applied Crytography, Second Edition.
  3. Jennifer Seberpy, Jojef Pieprzyk, Cryptography : An Introduction to Computer Security.
  4. Ir. Jusuf Kurniawan, M.T., Kriptografi, Keamanan Internet dan Jaringan Komunikasi, Penerbit Informatika Bandung.
INGIN MENDAPATKAN SKRIPSI LENGKAP DIATAS DARI BAB I - BAB V LENGKAP + SOURCE KODE PESAN DISNI ....

Skripsi Yang Tersedia DI Downloads Skripsi.com yaitu :
Skripsi Lengkap Administrasi Negara,Skripsi Lengkap Administrasi Niaga, Skripsi Lengkap Akuntansi, Skripsi Lengkap Bahasa Inggris, Skripsi Lengkap Ekonomi, Skripsi Lengkap Ekonomi Manajemen, Skripsi Lengkap Ekonomi Pembangunan, Skripsi Lengkap Hukum Pidana, Skripsi Lengkap Hukum Perdata, Skripsi Lengkap Hukum Tata Negara, Skripsi Lengkap Ilmu Hukum, Skripsi Lengkap Ilmu Komunikasi, Skripsi Lengkap Kedokteran, Skripsi Lengkap Keperawatan, Skripsi Lengkap Kesehatan Masyarakat, Skripsi Lengkap Komputer, Skripsi Lengkap Manajemen, Skripsi Lengkap Manajemen Keuangan, Skripsi Lengkap Informatika, Skripsi Lengkap Perbankan & Syariah, Skripsi Lengkap Manajemen SDM, Skripsi Lengkap Matematika, Skripsi Lengkap Pendidikan Bahasa Inggris, Skripsi Lengkap Pendidikan Bahasa Indonesia, Skripsi Lengkap Pendidikan Biologi, Skripsi Lengkap Pendidikan Ekonomi, Skripsi Lengkap Pendidikan Fisika, Skripsi Lengkap Pendidikan Kimia, Skripsi Lengkap Pendidikan Matematika, Skripsi Lengkap Pendidikan Teknik Elektro, Skripsi Lengkap Sosiologi, Skripsi Lengkap Perhotelan, Skripsi Lengkap Teknik Telekomunikasi, Skripsi Lengkap PPKN, Skripsi Lengkap Teknik Sipil, Skripsi Lengkap Teknik Mesin, Skripsi Lengkap Teknik Industri, Skripsi Lengkap Psikologi, dll

0 komentar:

Posting Komentar