download skripsi gratis untuk berbagai jurusan, skripsi ilmu lengkap, skripsi dan tesis informatika, judul skripsi gratis

Computers Blogs Ping your blog, website, or RSS feed for Free ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Top Sites List

PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK PENERAPAN METODA PENCARIAN RELATIF (HASH SEARCH) - SKRIPSI INFORMATIKA GRATIS

Sabtu, 04 Februari 2012


PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK PENERAPAN
METODA PENCARIAN RELATIF (HASH SEARCH)

A. Latar Belakang Pemilihan Judul
            Pencarian (searching) merupakan pekerjaan yang sering kita lakukan dalam kehidupan sehari – hari. Dalam text editor, kita sering melakukan pekerjaan mencari kata, atau mencari kata1 dan menggantikannya dengan kata2, atau mencari kata tertentu dan menghitung frekuensi kemunculan kata tersebut dalam dokumen. Windows explorer dan internet explorer menggunakan prinsip pencarian dalam melakukan pekerjaan dimaksud.
Metoda pencarian (searching) ada bermacam – macam. Masing – masing metoda memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu metoda pencarian (searching) yang memiliki efisiensi penggunaan tempat yang lebih baik adalah pencarian relatif (Hash Search). Pencarian relatif (Hash Search) menggunakan rumus tertentu untuk melakukan proses penempatan dan pencarian data. Pencarian relatif (Hash Search) terbagi atas 2 macam, yaitu Hash Tertutup (Closed Hashing) dan Hash Terbuka (Open Hashing). Pada Hash Tertutup terdapat kemungkinan lebih dari satu data memiliki nilai fungsi yang sama sehingga terjadi tabrakan (collision). Cara untuk mengatasi tabrakan ini dapat dilakukan dengan beberapa strategi seperti, Resolusi Linier (Linear Resolution), Overflow dan Double Hashing. Masing – masing strategi memiliki kelebihan dan kekurangan.
Berdasarkan uraian di atas, penulis bermaksud untuk merancang suatu perangkat lunak pembelajaran yang mampu melakukan analisa terhadap metoda pencarian relatif (Hash Search) dari data – data numerik yang di-input.

B. Perumusan Masalah

            Berdasarkan latar belakang pemilihan judul, maka yang menjadi permasalahan adalah :
  1. Bagaimana cara penempatan dan pencarian data dari metoda pencarian relatif (Hash Search).
  2. Bagaimana membuat suatu perangkat lunak animasi proses penempatan dan pencarian data dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.

C. Tujuan dan Manfaat
            Tujuan penyusunan tugas akhir (skripsi) ini adalah untuk merancang suatu perangkat lunak pembelajaran yang mampu melakukan analisa terhadap metoda pencarian relatif (Hash Search) secara tahap demi tahap.
            Manfaat dari penyusunan tugas akhir (skripsi) ini yaitu :
  1. Membantu pembelajaran pencarian relatif (Hash Search).
  2. Sebagai fasilitas pendukung dalam proses belajar – mengajar.


D. Pembatasan Masalah
Karena keterbatasan waktu dan pengetahuan penulis, maka ruang lingkup permasalahan dalam merancang perangkat lunak ini antara lain :
  1. Input dibatasi pada keyboard dan output perangkat lunak pada layar monitor.
  2. Pembahasan metoda Hash mencakup Hash terbuka (Open Hash) dan Hash tertutup (Closed Hash) yang mencakup strategi mengatasi tabrakan (collision) antara lain strategi Resolusi Linier (Linear Resolution), Overflow dan Double Hashing.
  3. Data yang di-input berupa numerik integer.
  4. Tabel Hash adalah tabel tunggal, overflow dan double.
  5. Ukuran tabel utama, overflow, dan double hash dibatasi maksimal 40 kotak.
  6. Tabel overflow hanya satu buah.
  7. Data yang di-input dapat diurutkan secara menaik atau menurun.
  8. History pencarian data dan data yang di-input dapat disimpan dan dibuka kembali.

E. Metodologi Penyelesaian
            Langkah – langkah pembuatan perangkat lunak ini antara lain :
a.                   Membaca dan mempelajari buku – buku yang berhubungan dengan metoda Hash Search.
b.                  Mempelajari cara penempatan dan pencarian data dari metoda Hash Search.
c.                   Merancang perangkat lunak animasi yang mampu melakukan analisa terhadap metoda Hash Search dari data – data numerik yang di-input dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.
INGIN MENDAPATKAN SKRIPSI LENGKAP DIATAS DARI BAB I - BAB V LENGKAP + SOURCE KODE PESAN DISINI ...

Skripsi Yang Tersedia DI Downloads Skripsi.com yaitu :
Skripsi Lengkap Administrasi Negara,Skripsi Lengkap Administrasi Niaga, Skripsi Lengkap Akuntansi, Skripsi Lengkap Bahasa Inggris, Skripsi Lengkap Ekonomi, Skripsi Lengkap Ekonomi Manajemen, Skripsi Lengkap Ekonomi Pembangunan, Skripsi Lengkap Hukum Pidana, Skripsi Lengkap Hukum Perdata, Skripsi Lengkap Hukum Tata Negara, Skripsi Lengkap Ilmu Hukum, Skripsi Lengkap Ilmu Komunikasi, Skripsi Lengkap Kedokteran, Skripsi Lengkap Keperawatan, Skripsi Lengkap Kesehatan Masyarakat, Skripsi Lengkap Komputer, Skripsi Lengkap Manajemen, Skripsi Lengkap Manajemen Keuangan, Skripsi Lengkap Informatika, Skripsi Lengkap Perbankan & Syariah, Skripsi Lengkap Manajemen SDM, Skripsi Lengkap Matematika, Skripsi Lengkap Pendidikan Bahasa Inggris, Skripsi Lengkap Pendidikan Bahasa Indonesia, Skripsi Lengkap Pendidikan Biologi, Skripsi Lengkap Pendidikan Ekonomi, Skripsi Lengkap Pendidikan Fisika, Skripsi Lengkap Pendidikan Kimia, Skripsi Lengkap Pendidikan Matematika, Skripsi Lengkap Pendidikan Teknik Elektro, Skripsi Lengkap Sosiologi, Skripsi Lengkap Perhotelan, Skripsi Lengkap Teknik Telekomunikasi, Skripsi Lengkap PPKN, Skripsi Lengkap Teknik Sipil, Skripsi Lengkap Teknik Mesin, Skripsi Lengkap Teknik Industri, Skripsi Lengkap Psikologi, dll

0 komentar:

Posting Komentar