download skripsi gratis untuk berbagai jurusan, skripsi ilmu lengkap, skripsi dan tesis informatika, judul skripsi gratis

Computers Blogs Ping your blog, website, or RSS feed for Free ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Top Sites List

PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN METODA KRIPTOGRAFI IDEA (INTERNATIONAL DATA ENCRYPTION ALGORITHM) - SKRIPSI INFORMATIKA GRATIS

Sabtu, 04 Februari 2012


PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN METODA KRIPTOGRAFI IDEA
(INTERNATIONAL DATA ENCRYPTION ALGORITHM)

A. Latar Belakang Pemilihan Judul
Data (informasi) yang bersifat rahasia harus diamankan terlebih dahulu dengan menggunakan metoda kriptografi sebelum dikirimkan untuk mencegah agar data (informasi) diketahui oleh orang lain yang tidak berkepentingan. Metoda yang digunakan untuk mengamankan data ada bermacam – macam. Masing – masing metoda memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu metoda kriptografi yang dianggap sebagai algoritma block cipher yang terbaik dan teraman yang tersedia untuk publik sampai saat ini adalah metoda kriptografi IDEA (International Data Encryption Algorithm).
Metoda IDEA diperkenalkan pertama kali oleh Xuejia Lai dan James Massey pada tahun 1990 dengan nama PES (Proposed Encryption Standard). Tahun berikutnya, setelah Biham dan Shamir mendemonstrasikan cryptanalysis yang berbeda, sang penemu memperkuat algoritma mereka dari serangan dan algoritma hasil pengubahan tersebut diberi nama IPES (Improved Proposed Encryption Algorithm). Kemudian pada tahun 1992, IPES diganti namanya menjadi IDEA (International Data Encryption Algorithm). Metoda IDEA ini menggunakan beberapa operasi dasar, seperti operasi logika XOR (Exclusive – OR), operasi perkalian mod 216 + 1 (multiplication modulo 216 + 1) dan operasi penambahan mod 216 (addition modulo 216). Metoda ini terdiri dari 8 putaran (round) dan menggunakan 64 bit plaintext dengan panjang kunci sebesar 128 bit.
Berdasarkan uraian di atas, penulis bermaksud untuk mengambil tugas akhir (skripsi) dengan judul “Perancangan Perangkat Lunak Pembelajaran Metoda Kriptografi IDEA (International Data Encryption Algorithm)”.

B. Perumusan Masalah

            Yang menjadi permasalahan dalam menyusun tugas akhir (skripsi) ini adalah bagaimana merancang perangkat lunak pembelajaran metoda kriptografi IDEA.

C. Tujuan dan Manfaat
            Tujuan penyusunan tugas akhir (skripsi) ini adalah untuk merancang suatu perangkat lunak pembelajaran untuk membantu pemahaman metoda kriptografi IDEA.
            Manfaat dari penyusunan tugas akhir (skripsi) ini yaitu untuk membantu pembelajaran metoda kriptografi IDEA dan perangkat lunak dapat digunakan sebagai fasilitas pendukung dalam proses belajar mengajar.



D. Pembatasan Masalah
Pembatasan permasalahan dalam merancang perangkat lunak ini adalah :
  1. Perangkat lunak akan menampilkan tahap – tahap perhitungan dalam bentuk bilangan biner.
  2. Input data berupa bilangan biner, desimal, heksadesimal dan karakter (string).
  3. Perangkat lunak tidak menampilkan tahap – tahap konversi bilangan ke dalam bilangan biner.
  4. Perangkat lunak menyediakan teori – teori dasar dari metoda IDEA.
  5. Perangkat lunak akan menampilkan tahapan – tahapan pembentukan kunci, enkripsi dan dekripsi.

E. Metodologi Penyelesaian
            Langkah – langkah pembuatan perangkat lunak ini antara lain :
  1. Membaca dan mempelajari buku – buku kriptografi yang berhubungan dengan metoda kriptografi IDEA.
  2. Membaca dan mempelajari buku – buku pemrograman dasar dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0.
  3. Mempelajari cara kerja dari metoda kriptografi IDEA.
  4. Merancang perangkat lunak pembelajaran metoda kriptografi IDEA dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.
  5. Melakukan proses pengujian dan pengecekan kesalahan (error) terhadap perangkat lunak yang telah dirancang.
INGIN MEMESAN SKRIPSI LENGKAP DIATAS DARI BAB I - BAB V LENGKAP DENGAN SOURCE KODE PESAN DISINI .....

Skripsi Yang Tersedia DI Downloads Skripsi.com yaitu :
Skripsi Lengkap Administrasi Negara,Skripsi Lengkap Administrasi Niaga, Skripsi Lengkap Akuntansi, Skripsi Lengkap Bahasa Inggris, Skripsi Lengkap Ekonomi, Skripsi Lengkap Ekonomi Manajemen, Skripsi Lengkap Ekonomi Pembangunan, Skripsi Lengkap Hukum Pidana, Skripsi Lengkap Hukum Perdata, Skripsi Lengkap Hukum Tata Negara, Skripsi Lengkap Ilmu Hukum, Skripsi Lengkap Ilmu Komunikasi, Skripsi Lengkap Kedokteran, Skripsi Lengkap Keperawatan, Skripsi Lengkap Kesehatan Masyarakat, Skripsi Lengkap Komputer, Skripsi Lengkap Manajemen, Skripsi Lengkap Manajemen Keuangan, Skripsi Lengkap Informatika, Skripsi Lengkap Perbankan & Syariah, Skripsi Lengkap Manajemen SDM, Skripsi Lengkap Matematika, Skripsi Lengkap Pendidikan Bahasa Inggris, Skripsi Lengkap Pendidikan Bahasa Indonesia, Skripsi Lengkap Pendidikan Biologi, Skripsi Lengkap Pendidikan Ekonomi, Skripsi Lengkap Pendidikan Fisika, Skripsi Lengkap Pendidikan Kimia, Skripsi Lengkap Pendidikan Matematika, Skripsi Lengkap Pendidikan Teknik Elektro, Skripsi Lengkap Sosiologi, Skripsi Lengkap Perhotelan, Skripsi Lengkap Teknik Telekomunikasi, Skripsi Lengkap PPKN, Skripsi Lengkap Teknik Sipil, Skripsi Lengkap Teknik Mesin, Skripsi Lengkap Teknik Industri, Skripsi Lengkap Psikologi, dll

0 komentar:

Posting Komentar